GM27 ~ Sebelum pemain memutuskan bergabung dengan tim @officialpersebaya sejatinya wajib memiliki beberapa hal. Selain sebuah skill yang bagus, pemain tersebut wajib pula memiliki semangat juang tinggi dan mental baja. Hal ini penting mengingat “power” dari pendukung Persebaya sangatlah kuat. Baik berupa dukungan maupun kritik terhadap apa yang pemain tampilkan.

Situasi seperti ini baru saja dialami oleh pemain anyar Bajol Ijo, Makan Konate. Saat datang dia mendapat sambutan yang luar biasa dan dukungan serta harapan performa terbaik bagi tim langsung diamanatkan padanya.

Nah, dalam pertandingan kemarin dia sempat “apes” kala mendapat kesempatan mengeksekusi pinalti. Dia gagal memanfaatkan menjadi gol. Tentu dari momen itu tak sedikit para Bonek melakukan “paido” padanya. Hingga pelatihpun melakukan pembelaan pada pemainnya.

Sebagai seorang pemain professional tentu tahu bagaimana dan kapan harus mengevaluasi dirinya sendiri. Hal inilah yang telah dibuktikan Konate. Setelah kemarin melakukan “kesalahan”, pada pertandingan hari ini dia langsung menjawab dengan performa dan kontribusi gol pada tim.

Dari sini kita hendaknya mampu membaca dan memahami kondisi pemain. Pemain sepakbola juga manusia, tak mungkin pemain berada pada “top performance” secara terus menurus, ada kalanya mereka dalam posisi “flop performance”. Jadi yang patut dilihat ialah kemampuan untuk bangkit dan memperbaiki diri.

Sudah kewajiban sebagai supporter memberikan kritik pada pemain hingga manajemen, asal itu membangun dan dalam batas kewajaran.
Salam Satu Nyali…. Wani!

 50 kali dilihat,  1 kali dilihat hari ini