GM27 ~ Wacana diadakannya turnamen pengganti jika Liga 1 dan Liga 2 terhenti sampai melebihi batas waktu yang ditentukan dikeluarkan oleh PSSI. Salah satu winger Persebaya, Oktafianus Fernando menyambut gembira kabar tersebut. Meskipun bersifat turnamen dadakan, dia tak mempermasalahakan hal tersebut. Dilansir jawapos.com Ofan mengatakan bahwa “”Harapan saya sih tahun ini minimal ada turnamen pengganti. Karena dengan begitu kualitas pemain juga masih bisa dijaga” ungkap pemain 26 tahun itu.

Ofan menjelaskan bahwa hal itu bisa memberatkan pemain jika musim ini tak ada kompetisi. Menurutnya para pemain juga mebutuhkan persaingan agar performa dan permainan tetap terjaga dengan baik. ”Nggak ujug-ujug enam atau delapan bulan kami (pemain, Red) nggak main bola. Nanti itu kan pasti berpengaruh ke sentuhan dan pengalaman pemain juga,” tegasnya.

Pemain kelahiran 4 Oktober 1993 tersebut harus bersabar dan tetap berharap agar turnamen pengganti bisa digulirkan. ”Kalaupun ada turnamen pengganti, mungkin menunggu wabah (Covid-19) ini menurun dulu. Kembali lagi pemain hanya bisa menunggu perkembangannya seperti apa,” harap Ofan. Meski mendukung diadakannya turnamen pengganti, ia tetap punya harapan agar Liga 1 2020 bisa dilanjutkan. Apalagi dia bersama teman-temannya mempunyai target mengantarkan Bajul Ijo juara musim ini.

Selain Ofan, pelatih Persebaya Aji Santoso juga mendukung adanya wacana turnamen pengganti dan dia menilai ini adalah opsi terbaik. ”Itu (kompetisi pengganti, Red) merupakan wacana yang bagus. Saya setuju,” jelas Coach Aji dari sumber yang sama. Dia juga menjelaskan format turnamen itu bisa dilakukan dengan pembagian grup. ”Nanti setiap grup diisi berapa klub. Itu yang paling efektif,” imbuh mantan pelatih Persela Lamongan itu.

 9 kali dilihat,  9 kali dilihat hari ini